Karakteristik Media Print & Broadcast
wew.. dah lama rasanya sudah ngak nge-bloging lagi.. haha..
akhir semester 2 yang sangat sibuk.. ngak terasa dah 1tahun jadi anak kuliahan.. *gosh
biar lebih abdol jd anak kuliahan,, sekali2 pingin bagi-bagi ilmu nih
tentang "Karakteristik Media" mulai dari cetak ampe yang broadcast..
*sekalian mumpung masih fresh abis ujian.. hahah a... *
Secara garis besar media massa dibagi menjadi 2: print dan broadcast *mungkin sekarang ditambah media digital/internet*
Nah, berikut penjelasan lebih lanjut nye..
PRINT MEDIA- media cetak, yang termasuk di dalamnya :
- New Paper (surat kabar), karakteristiknya:
Periodik, dan membahas hal2 yang lebih spesifik... (misalnya majalah otomotif, fashion, dll)
-Tabloid
Tabloid merupakan gabungan dari koran dan majalah.. Dari segi kertas dan tampilan mirip koran (meskipun biasanya lebih baik), dan dari segi isi tabloid menyajikan segmen yang sama dengan tabloid. Misalnya Tabloid Gaul, Bola, dll
BROADCAST MEDIA : yang termasuk di dalamnya
- Radio Siaran, karakteristik :
- Memerlukan konsentrasi yang lebih minim, sehingga seseorang dapat melakukan pekerjaan lain selagi mereka mendengarkan radio. Misalnya: banyak orang mendengarkan musik di radio sambil menyetir.
- Biaya yang diperlukan untuk mendengarkan radio sangat murah.
Kelemahan dari Radio :
- Beritanya singkat dan tidak dapat diulang.
- Hanya terdiri dari suara, sehingga penafsiran setiap orang akan iklan atau tayangannya belom tentu sama.
-TV, karakteristiknya :
- Audiovisual : sehingga seseorang yang tidak dapat membaca atau mendengar bisa menangkap kira-kira apa yang disampaikan dalam acara tersebut- Power of scope : punya jangkauan yang lebih luas. Terutama di Indonesia kebanyakan dari stasiun tv besar memiliki cangkupan nasional.
- Fokus dan efek yang ingin disampaikan dari acara tersebut lebih mudah dimengerti karena bisa dilihat dari gambar yang tersedia.
Kelemahan dari TV:
-Biaya lebih mahal.
-Sulit dibawa2 / kurang fleksibel
Begitu kira2 sebagian kecil dari karakteristik media .. semoga membantu (^o~)//
akhir semester 2 yang sangat sibuk.. ngak terasa dah 1tahun jadi anak kuliahan.. *gosh
biar lebih abdol jd anak kuliahan,, sekali2 pingin bagi-bagi ilmu nih
tentang "Karakteristik Media" mulai dari cetak ampe yang broadcast..
*sekalian mumpung masih fresh abis ujian.. hahah a... *
Secara garis besar media massa dibagi menjadi 2: print dan broadcast *mungkin sekarang ditambah media digital/internet*
Nah, berikut penjelasan lebih lanjut nye..
PRINT MEDIA- media cetak, yang termasuk di dalamnya :
- New Paper (surat kabar), karakteristiknya:
- Publisitas : jadi yang namanya new paper itu ditujukan/ memiliki cakupan masyarakat yang luas.
- Periodesitas : diterbitkan secara berkala, ngak mungkin suatu surat kabar itu hanya diterbitkan sesekali saja.
- Universalitas: berita atau artikel yang disajikan merupakan hal-hal yang umun dan bermanfaat bagi kebanyakan orang.
- Aktualitas : berita dan artikelnya selalu up to date dan menjadi tren pada saat itu.
Periodik, dan membahas hal2 yang lebih spesifik... (misalnya majalah otomotif, fashion, dll)
-Tabloid
Tabloid merupakan gabungan dari koran dan majalah.. Dari segi kertas dan tampilan mirip koran (meskipun biasanya lebih baik), dan dari segi isi tabloid menyajikan segmen yang sama dengan tabloid. Misalnya Tabloid Gaul, Bola, dll
BROADCAST MEDIA : yang termasuk di dalamnya
- Radio Siaran, karakteristik :
- Auditori. Radio hanya terdiri dari "suara", untuk didengar.
- Transmisi. Prosesnya disampaikan kepada pendengar melalui pemancaran (transmisi).
- Theatre of Mind. Siaran radio merupakan seni memainkan imajinasi pendengar melalui kata dan suara yang mereka dengar dari radio. Radio menciptakan gambar (makes pictures) dalam imajinasi pendengar dengan kekuatan kata dan suara. Pendengar bisa membayangkan apa yang dikemukakan penyiar. Bahkan, pendengar bisa berimajinasi tentang sosok penyiar tersebut.
- Identik dengan musik. Radio adalah sarana hiburan termurah dan tercepat sehingga menjadi media utama untuk mendengarkan musik.
- Memerlukan konsentrasi yang lebih minim, sehingga seseorang dapat melakukan pekerjaan lain selagi mereka mendengarkan radio. Misalnya: banyak orang mendengarkan musik di radio sambil menyetir.
- Biaya yang diperlukan untuk mendengarkan radio sangat murah.
Kelemahan dari Radio :
- Beritanya singkat dan tidak dapat diulang.
- Hanya terdiri dari suara, sehingga penafsiran setiap orang akan iklan atau tayangannya belom tentu sama.
-TV, karakteristiknya :
- Audiovisual : Televisi memiliki audio dan visual, jadi bisa didengar dan bisa dilihat
- Pengoprasian lebih kompleks : melibatkan banyak orang.
- Audiovisual : sehingga seseorang yang tidak dapat membaca atau mendengar bisa menangkap kira-kira apa yang disampaikan dalam acara tersebut- Power of scope : punya jangkauan yang lebih luas. Terutama di Indonesia kebanyakan dari stasiun tv besar memiliki cangkupan nasional.
- Fokus dan efek yang ingin disampaikan dari acara tersebut lebih mudah dimengerti karena bisa dilihat dari gambar yang tersedia.
Kelemahan dari TV:
-Biaya lebih mahal.
-Sulit dibawa2 / kurang fleksibel
Begitu kira2 sebagian kecil dari karakteristik media .. semoga membantu (^o~)//
Comments
Post a Comment