Family Trip: Liburan Keluarga ke Hongkong Rame-rame

Awalnya kami mau cari tiket pesawat langsung dari Jakarta-Hongkong. Karena moment saat lebaran jadi tiket maal2. Dan akhirnya kami dapat tiket Malaysia(KL) - Hongkong(HK) naik Singapore Airlines PP 2.451.400. Masih tergolong murah mengingat kami terbang dengan SQ. Ya kan? Ya kan???

Jadi perjalanan saya dimulai dari tanggal 23 Juli 2017, di bandara Soekarno Hatta kami bertemu. ciee.. Perjalanan kali ini, bertemakan family trip. Jadi saya pergi ber 15, dengan 3 anak kecil, 4 orang tua lansia, dan 8 orang parubaya lah ya.

Dari Jakarta kami berangkat ke KL naik AirAsia. Dan delay 3 jam-an. OMG. Ampe ngantuk2 udah nongkrong ke lounge bandara dulu makan. Eh, dikasih makanan nasi ayam kari gt sama kerupuk dan aqua gelas sebagai komplemen karena dia telat. Katanya sih pesawat ada yang rusak jadi harus ganti.
Karena awal kami kira gak dapet makan udah beli paket makan dipesawat. Alhasil kekenyangan deh. Malah nasi hainam menu yang dibeli agak keras lagi. haha..

Perjalanan dari Jakarta ke Kuala lumpur kira-kira 1 jam 40 menit, tibalah kami di KL dan imigrasinya penuh banget. Ya maklum lah ya lebaran. Nunggu antri sekitar 30an menit. Setelah semuanya berhasil melewati antrian tersebut, kamipun awalnya berniat ke kota naik bus biasa yang satu orang 10 ringgit. Tapi begitu keluar setelah ambil bagasi. Kami di sambut dengan bapak-bapak nawarin antar dengan vans langsung ke hotel. Harganya 280 RM (kl ngk salah) ya kl di

Sekitar jam 9an kami sampai di Hotel. Yang tadinya rencana sampai hotel sekitar jam 7, dan pingin jalan-jalan dulu ke bukit bintang, gagal deh. Pada malam ini kami nginap di kawasan sekitar China Town dan persis di depan Pasar Seni, nama hotelnya Geo Hotel. Tempatnya cukup nyaman dan luas. Harga permalamnya di 320-350rb rupiah.

HOTEL GEO Malaysia Kuala Lumpur


DAY 2
Cuman numpang tidur akibat pesawat delay, keesokan harinya, pagi jam 6 kurang kami sudah di jemput oleh mobil van untuk kembali ke bandara penerbangan pagi sekitar jam 9 dari KL ke Singapure dl. Awalnya kami naik Silk Air, anak perusahaan dari SQ, dan dapat minum air/jus kecil dan puding (snack). Setelah itu dari Singapore berangkat ke Hongkong jam 12 siang baru menggunakan pesawat SQ.

Maskapai SQ memang servicenya sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari awal  masuk, dikasih handuk hangat, trus dapat makan lengkap mulai dari makanan pembuka, main course sampai desert es krim magnum. Pokoknya kenyang banget. Bisa minta minum beer atau red wine jg. Untuk anak-anak akan diberikan headset khusus anak kecil, lalu dikasih buku mewarnai jg atau mainan. Untuk yang masih bawa balita jg akan dikasih makanan khusus untuk balita.

menu makanan di Singapore Airlines _ magnum ice

Tiba di HK, jam 5.17 PM. Kami langsung beli octopus card di sini. Dan tukar simcard yang sudah saya beli sebelumnya di klook.com. Kami beli paket data 4 GB untuk 5 hari dengan harga 98rb. Dan selama di Hongkong ternyata simcardnya bisa dipakai untuk nelpon ke nomor hongkong juga.
octpus card
Perjalanan sekitar 2 jam dari bandara ke hotel di khawasan Queen's Road West, nama hotelnya Grand City Hotel. Harga sekitar Rp 1.3 jt permalam.
Pemandangan dari luar hotel



Biaya bermalam di Hongkong memang lumayan mahal dan biasaya hotelnya sempit-sempit semua. Tempatnya nyaman dan lumayan mudah menemukan stasiun MRT, yang paling dekat adalah Stasiun Sai Ying Pun. Tapi untuk toilet ngk ada pintu jadi cuman ditutup horden aja. Sudah include breakfast, yang setiap hari menunya sama salad, telur, sosis, ham, kacang, pancake.

Setelah proses check ini, kami pergi di sekitar sana dan makan Wanton Mie khasnya hongkong. Harga sekitar 40 dollar hongkong permangkuknya. Untuk makan di hongkong memang relatif mahal, sekali makan kami harus mengeluarkan kocek 50-100 dollar. Dan sulit untuk mencari menu halal ya di sini, jadi untuk teman-teman yang muslim, waspadalah... waspadalah..
Ini dia menu yang kami pesan. Dan disini pelayanannya agak galak dan bisa banting-banting piring didepan kalian. Jadi jangan kaget ya. :)

wanton mie


Setelah selesai makan, saya dan mpek, sempat jalan2 berdua karena yang lain mau istirahat. Ya tp sygnya udah banyak toko yang tutup di kawasan tempat kami menginap Hotel Grand City Hotel.

Day 3:

Hari ke3 kami jalan-jalan keluarga ke daerah Tsim Sha Sui, dan tempat belanja lainnya. Disana di kami pisah dan jalan-jalan beli siomay. dll.


Lalu ke Time Square dan makan direstoran disana. Ngak tau namanya apa bahasa china semua. Dan untuk restoran sekelas ini juga masih aja banting-banting dan jutek para pelayannya. Ckck..
Namanya ???








Rasa cukup enak dan harga lumayan mahal untuk taraf orang indo, ya seperti rata-rata makan di restoran kelas menengah ke atas ya. Karena kami beramai-ramai dan ada bawa anak-anak dan orang tua jadi ngk bisa terlalu explore banyak tempat. Sekedar makan dan menikmati suasana Hongkong aja.

Day 4:
Hari ke 4 ini pagi-pagi kami pergi ke Lady Market. Kalau menurut saya pribadi untuk belanja di Hongkong kurang menyenangkan karena pelayanannya galak, mereka main harga untuk turis selain itu dia juga marah kalau barang sudah dipegang dan sudah tawar tapi ngk jadi beli. Jadi di sana cb mampir ingin beli gantungan kunci, abis itu kena damprat sekali ya udah ngk jadi beli apa-apa deh.. haha..
Selasai dari situ saya dan Mpek misa dengan rombongan dan kami jalan ke NgoPing 360 disana kami naik cable car yang transparan gt, 1 kali naik cukup mahal deh seinget saya beda 2 kali lipat daripada yang biasa tapi karena penasaran dengan sensasinya akhirnya naik yang transparan dan jadi kayak terbang gt.. arena cable carnya dari kaca. maklum sebenernya udah pergi tahun lalu tapi baru sempet nulis sekarang jadi banyak yang lupa.. ckck.




NGONG PING itu seperti puncak sih udaranya adem, dan bener-bener dapet banget suasana Chinanya. Disana juga ada patung buddha raksasa yang terkenal itu. 





Nah dari sini pulangnya kami naik bus aja, karena lebih murah jauh daripada naik cable car lagi. Dan kami kembali ke hotel karena rencananya kami mau ke the peak malam bersama rombongan. Tapi ternyata rombongan kecapean jadi kami berdua aja yang melanjutkan perjalanan ke The Peak. 

Kami juga coba beli makanan di supermarket di mall transit dari NGONGPING kembali ke Hotel (lupa namanya). Dari hasil penjelajahan makanan, makanan di supermarket harga nya lebih bersahabat dan rasanya juga lumayan enak. Selain itu bisa juga bayar pakai octopus. Makan bakso dan nasgor hk.



Kami naik MRT dulu abis itu naik Tram nanjak, dan tramnya itu rameee bangett. Kami antri sekitar 20 menit baru bisa naik tram itu. 

Dari sini ada mall juga dan ada foto2 3D gt buat iseng-iseng gratis. Di Peak ini Kami ngk naik sampai atas karena bayar lagi, dan pemandangan bisa kami dapat dari halaman luar mall juga ngk kalah bagusnya loh. 






Malamnya kami pulang udah jam 11.00 lewat kami turun naik bus jg karena memang jauh lebih muda dan ngk lama antri kayak naik tram turun. Trus kami mampir ke victoria harbour tapi sayang udah kemaleman jadi udah sepi dan lampunya mati. Kami sampai lari-lari buat ngejar MRT terakhir menuju hotel.

Karena ini hari terakhir kami di hongkong jadi kami puas-puasin sampai malam. Dan juga ya.. besok kembali lagi pulang via Kuala lumpur dan nginap 1 hari lagi di KL.

Sekian ceritanya semoga bisa membantu meskipun ngk terlalu detail karena baru sempat nulis jadi banyak yang lupa :) Dan liburannya liburan keluarga jadi kami ngk banyak explore tempat yang penting kebersamaan yang hakiki.. cheers.. akhirnya kelar deh.. ngk di simpen di draft mulu .. ehheh...




Salam, next mau kemana lagii ya.. ꧙꣖꩙










Comments